LOADING

Type to search

Babangbin Review: Fresh Graduate (EP) by Basboi

FEATURED SELECTION

Babangbin Review: Fresh Graduate (EP) by Basboi

Share

Ilustrasi oleh Nadhif Ilyasa

Jika kalian kebetulan seumuran dengan Babang, yakni jebolan tahun 1997, kemungkinan besar kalian sekarang sedang berada di semester terakhir perkuliahan kalian, membabukan diri kepada skripsi dan berharap pada akhir tahun siap diluluskan. Tentu saja jika kalian bodoh seperti Babang yang kerjanya ngejelek-jelekin karya musik orang lain terus, ya kemungkinan besar kuliah kalian tertahan. Namun tenang, jangan malu, karena Naruto gagal ujian Genin tiga kali dulu sebelum petualangannya mulai. Sekarang dia seorang Hokage dan panutan untuk bocah-bocah ingusan di Desa Konohagakure dan Indonesia.

Tapi apakah lulus kuliah benar-benar hal yang spesial? Apakah hidup kita sudah terjamin bahagia setelah mendapatkan gelar sarjana? Bagaimana jika kita punya jalur lain yang kita inginkan? Pertanyaan-pertanyaan ini dibahas dengan smooth oleh rapper asal Jatinangor, Basboi, dalam album perdana-nya “Fresh Graduate”. Album ini penuh dengan kebencian, penuh dengan amarah, dan tentunya penuh dengan pendirian, namun talenta dan keahlian teknis yang dimiliki sang rapper dan beats ala K-hip hop yang dreamy dan rada nge-jazz berhasil menyeimbangkannya agar tidak terdengar terlalu kasar dan mudah di telinga.

“Fresh Graduate” adalah sebuah catatan harian dari kehidupan Basboi di tahun terakhir kuliahnya, dimana ia merasa bebas dan nyaman dengan hidup berdasarkan aturannya sendiri; jatuh cinta, patah hati, bersenang-senang dengan teman-temannya sampai ke munculnya rasa takut dimana ia menyadari kalau semua itu akan berakhir setelah ia lulus kuliah. Takut akan mengecewakan ibunya, takut akan menghadapi kenyataan pahit di dunia nyata sebagai orang dewasa; akan cinta, uang, dan mimpi.

Dalam “Dreamgirl”, Basboi nge-rap tentang seorang gadis yang ia cintai mendadak memutuskan dia karena “ketidak-mapanan”nya, sebuah realita yang lelaki manapun takutkan. Namun selain itu “Dreamgirl” juga bercerita tentang stigma pandangan konservatif terhadap karir dunia kreatif seperti seorang musisi, khususnya musik rap, dimana pekerjaan-pekerjaan tersebut dikatakan hanya membuang waktu dan tidak menunjukan kemapanan. Liriknya yang sangat tajam menunjukan amarah yang Basboi rasakan kepada sang gadis dan juga ke dunia, namun flow-nya yang mulus membuat sang rapper bersinar, menunjukan bahwa dia masih bisa menguasai diri dan mengendalikan situasi hidupnya. Lagu ini, serta baris “Call the city church someone is practicing bitchcraft”, sudah menjadi bagian dalam daftar “hal-hal yang semakin mendekatkan babang kepada tuhan dan menjauhkan babang dari simpul mati yang bergantung di kipas kamar babang”.

Selain itu ada juga lagu-lagu seperti “Cozy” yang bersifat sebagai pengenalan tentang siapa itu Basboi, “Dying Breed” yang membahas tentang pandangannya terhadap sifat nihilistik dunia saat ini, serta apresiasinya kepada BAP dan Laze yang ia anggap pengurai kebenaran di industri yang penuh dengan kepalsuan, juga “Night Drive” dimana dia menceritakan ketakutan dia terhadap masa depannya yang abu-abu setelah dia lulus dari kuliah. Ketiga lagu ini tidak cuma memegang arti yang dalam, namun juga di nyanyikan oleh Basboi dengan keterampilan dan kecerdasan yang luar biasa.

Walaupun begitu, bintang (bukan Babang) dari album ini adalah track titular, yakni “Fresh Graduate”, sebuah track yang sangat fun walaupun menceritakan tentang sesuatu yang justru kebalikannya. Barisan demi barisan, Basboi memberikan tembakan-tembakan lirik panas dengan flow yang mantap, berceramah tentang bagaimana mereka yang merendahkan karir rapnya suatu hari akan memakan omongan mereka sendiri. Walaupun begitu, terbaca dari liriknya dan bagaimana lagu lainnya terstruktur, “Fresh Graduate” bukanlah sekedar surat manis “untuk para haters” ala Youtuber. Lirik-liriknya yang pedas dan musik ala tropikal-nya yang seru hanyalah sebuah topeng tebal yang dipasang oleh sang rapper untuk menutupi insekuritasnya terhadap masa depannya, dan menurut babang disitulah letak kecantikannya. Unsur ini yang membuat “Fresh Graduate” sebuah lagu yang realistis dan sangat relatable buat siapapun pendengarnya.

Walaupun kompetisi di skena hip-hop dalam negri belakangan ini mulai mengetat, sang rapper dengan mudahnya berhasil berseluncur ke dalam daftar rapper asli nusantara yang wajib diperhatikan. Dengan sikapnya, keterampilannya, dan juga talentanya, Basboi siap menunjukan kemapanan karir hip-hop nya kepada dunia wabil khusus orang-orang yang merendahkannya. Tulus, dan salah satu album hip-hop lokal yang well written selama ini,  “Fresh Graduate” adalah sebuah lubang kecil ke dalam semua insekuritas dan ketakutan yang ada di kepala Basboi. Dan sang rapper mengajak kalian untuk mengintip kedalamnya.

Babang’s Favourite: Fresh Graduate, Dreamgirl.
8/10

Tags:
Bintang Adinugroho

Tujuan hidup babang hanyalah dua di dunia ini: menjelek-jelekan unit musik lokal kesayangan anda dan menyayangi gadis-gadis anime.

  • 1

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *