LOADING

Type to search

Cosmo Sound Vol.01: Kebangkitan Progressive-Rock di Indonesia

EVENT

Cosmo Sound Vol.01: Kebangkitan Progressive-Rock di Indonesia

INCOTIVE 10/04/2018
Share

Teks: Nabyl Rahardjo
Foto: Raka Dewangkara

“Kalau mau awet muda, main musik terus” kalimat itu diucapkannya dengan lantang. Badannya sudah tidak segagah dulu lagi, karismanya perlahan-lahan mulai memudar tapi semangatnya masih menggebu-gebu ketika membicarakan musik, khususnya musik rock. Menurutnya musik rock bikin awet muda. Sosok itu adalah Benny Soebardja,“The godfather of Indonesian Progressive-rock”, otak utama dibalik lahirnya Shark Move dan Giant Step.

Kamis malam lalu (5/4), Spasial merekam sejarah baru. Pria kelahiran Tasikmalaya 68 tahun silam ini hadir menjadi salah satu pembicara berdampingan dengan Rekti Yoewono (The S.I.G.I.T) dan Absar Lebeh (Mooner). Pertemuan langka ini dimoderatori oleh Idhar Resmadi, pengamat dan penulis musik. Mereka membicarakan wacana kebangkitan kancah musik progressive-rock di Indonesia dengan orang pertama yang mempelopori genre musik tersebut. Ini semua terangkum dalam talkshow yang menjadi bagian dari rangkaian Cosmo Sound, suatu platform yang berfokus dalam mengadakan sebuah showcase musik dengan mengangkat tema tertentu.

Setelah Now-Again Records asal Amerika Serikat kembali merilis album kompilasi “Those Shocking Shaking Days”, musik rock ala 70an kembali ramai muncul dipermukaan. Nama-nama seperti Mooner, Kelompok Penerbang Roket hingga Lamebrain menjadi salah tiga band yang ikut meramaikan scene ini. Benny Soebardja merasa generasi sekarang lebih beruntung, “Banyak sisi gelapnya zaman dulu. Infrastruktur juga jelek. Gak sebagus ini [Spasial], sound dan venuenya enak,” Benny melanjutkan bahwa scene genre musik ini harus bangkit, “Miris melihat orang luar lebih peduli [akan ini]” pungkasnya menanggapi lebih banyaknya label luar yang berminat untuk merilis album-album progressive-rock khas Indonesia.

Gelaran Cosmo Sound pertama juga berhasil mengundang Giant Step untuk tampil. Sebelum itu ada Lamebrain yang berhasil menyuguhkan musik progressive-rock yang grungy. Sang Legenda pun beraksi. Giant Step yang dinahkodai oleh Benny ini masih bisa menunjukkan performa terbaiknya. Mooner menutup malam dengan pariaman bluesnya yang eksentrik itu. Sebuah perayaan sederhana untuk kebangkitan progressive-rock di Indonesia.

Lamebrain ikut meramaikan Spasial di acara Cosmo Sound vol. 1

Penampilan Rekti bersama Mooner pada gelaran Cosmo Sound vol. 1

Usaha Cosmo Sound untuk menghilangkan jarak antara generasi muda dengan generasi tua dalam melestarikan genre musik ini patut kita apresiasi.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *