LOADING

Type to search

Scene Hip Hop Bandung: Desemberku dihajar Krowbar

COLUMN FEATURED

Scene Hip Hop Bandung: Desemberku dihajar Krowbar

INCOTIVE 29/12/2018
Share

Teks oleh Zid Alfarizy (@esenrz_)
Foto oleh Patroz (@ryanandpatroz)

Rapper atau MC asal Bandung ini kembali mengudara di lapangan komando para pecinta musik hip-hop di Bandung. Tidak hanya Krowbar saja yang mulai muncul kembali ke permukaan, tetapi juga skena musik hip-hop yang kembali digalakkan di tengah banyaknya gigs band-band-an di Bandung. “Bust Ya Grill” dan “Root Down Vol.II” adalah salah dua gigs hip-hop yang berlangsung di bulan Desember 2018 ini.

Krowbar sang Komandan Lapang Barisan Nipam ini pun turut hadir. Ia membawakan lagu-lagunya yang berasal dari album anyarnya yang rilis pada tahun 2018, berjudul “Swagton Nirojim”. Dengan microphone di tangan, ia mengeluarkan energi yang luar biasa yang dapat membuat para penonton segera merapatkan barisan mendekati sumber suara komando yang dikeluarkan dari mulut Sang Komandan.

Setlist dimulai dengan intro dari lagu “Doktrin 9mm”, sebuah pengalaman baru yang juga membuat saya bergidik saat pertama kali mendengar dan melihatnya secara langsung. Melihat Krowbar berlutut di tengah keramaian para penonton yang mengerubung saat intro setlist mulai dimainkan, terdengar suara latar dari lagu tersebut yang berisi “Lord, hear us. We are ready to bring precious child to this world. In memory of Satan, you preach punishment and shame to those who would emancipate themselves and repudiate the slavery of the church. Satan, come to us. We are ready! Satan, come to us. We are ready! Satan, come to us. We are ready!”.

Setelah Rima dilontarkan, dentuman beat pun dimainkan mengiringi lagu “Senjata Pemuas Massal”. Sontak membuat para penonton tambah semangat melengkapi setiap line dari sang Komandan disaat event Root Down Vol.II berlangsung di Malmo Bar, Cihampelas. Lirik yang terdengar jorok dan nyeleneh tidak membuat para penikmatnya takut dan segan untuk berteriak lantang dengan puas. Antusiasme penonton membuat suasana menjadi menyenangkan dan heboh, sehingga sang Komandan pun tidak perlu hype-man lagi untuk ikut meramaikan saat penampilan dibawakan.

Beberapa lagu dimainkan, suasana semakin panas memenuhi atmosfer ruangan yang berukuran pas, untuk sebuah gigs intim tanpa barikade atau pembatas apapun. Lagu terakhir pun akhirnya diumumkan dengan nafas yang masih terdengar solid. Krowbar dengan tangan di atas memegang microphone membuat gesture seperti mengangkat gelas, ia berteriak “Angkat gelas tarik satu shoot! Ritual, Swagratul Maut!”. Setlist dibawakan dengan apik dan lugas, dengan waktu kurang lebih 20 menit Krowbar sukses membuat para penonton tersenyum dan tertawa puas melihat performance yang ia bawakan.

Root Down Vol.II pada Kamis 20 Desember 2018 kemarin, diisi oleh para MC dan DJ gacoan dalam skena musik hip-hop di Bandung seperti Krowbar, Eyefeelsix, Rand Slam, Jaybeathustler, Evilcutz dan lainnya yang juga sukses membuat acara ini pecah, memuaskan para penonton yang sudah rela menyisihkan waktunya untuk hadir menyaksikan mereka tampil unjuk taring. Dalam sela waktu sebelum membawakan lagu “Senjata Pemuas Massal”, Krowbar sempat mengatakan akan merilis sebuah Music Video terbaru untuk lagu tersebut dalam waktu dekat. We’ll see about that..

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *