LOADING

Type to search

Ikkubaru: The Next Big Thing Dalam Industri Musik

INTERVIEW

Ikkubaru: The Next Big Thing Dalam Industri Musik

INCOTIVE 22/10/2017
Share

Baru-baru ini panggung-panggung gigs di berbagai kota besar mulai diisi oleh pendatang baru yang memiliki identitas cukup kuat dari segi musikalitasnya. Saat itu saya berkesempatan untuk menghadiri sebuah gigs di Bandung yang kebetulan menampilkan band-band yang belum familiar di telinga saya pribadi. Ada satu band yang cukup menarik perhatian saya yaitu Ikkubaru band asal Bandung yang mengusung genre city-pop yang memiliki nuansa “Japanese”. Setelah terhibur dengan penampilan ciamik dari Ikkubaru saya melakukan sedikit research sebagai bentuk ketertarikan saya kepada band tersebut. Band yang terdiri dari Muhammad Iqbal (vocal, keys, guitar), Rizki Firdausahlan (vocal, guitar), Muhammad Fauzi Rahman (Bass), dan Banon Gilang (drum) ternyata telah merilis sebuah album dan baru saja mengeluarkan music video di kanal Youtube. Serta fakta yang cukup mengejutkan saya adalah mereka telah melakukan tour beberapa kali di negeri sakura.

Singkat cerita akhirnya saya memiliki kesempatan untuk berbincang dengan para personil Ikkubaru. Untuk mengetahui lebih dalam latar belakang Ikkubaru dalam melakukan tour di Jepang, pandangan mereka terhadap perkembangan skena musik lokal, hingga harapan mereka kepada industri musik Indonesia, mari simak petikan wawancara saya bersama Ikkubaru.

Kenapa IKKUBARU lebih memilih untuk membangun komunitas pendengar di Jepang terlebih dulu ketimbang di Indonesia? Khususnya di Bandung?

Karena emang saat itu pertama kali ketemu (Di internet) orang Jepang yang suka sama lagu Ikkubaru dan sampe pengen bantuin hingga jadi manager di Jepang. Karena influence terbesar dari ikkubaru adalah Tatsuro Yamashita, yang mana beliau adalah orang Jepang.

Sudah berapa kali tour ke Jepang? Dan gimana rasanya tour Jepang sampai saat ini?

Sudah tiga kali. Rasanya seneng, cape, sedih pas udah saatnya harus pulang ke Indonesia hehe

Apa sih yang membedakan pasar musik Jepang sama Indonesia?

Yang membedakan mungkin dari masih banyaknya toko CD yg masih buka di Jepang, kalo di Indonesia kan kebanyakan udah pada bangkrut, tinggal nyisa yang indie-indienya.

S__47677530

Penampilan Ikkubaru di Jepang

Karena sudah merasakan “Go International” gimana sih cara kalian melihat ke dalam IKKUBARU sendiri ?

Merasakan tanggung jawab yang sangat berat, great power comes with great responsibility. Masih banyak yang harus dibenahi dari songwriting, rekaman dan live performance.

Apa sih yang membedakan identitas musik IKKUBARU dengan band indie lainnya? Terutama yang memiliki genre yang sama

Mungkin dari segi sound dan arrangement, memang kiblat utamanya ke Tarsuro Yamashita dan Toshiki Kadomatsu yang dari Jepang, tapi saya juga dengerin artis-artis dari inggris seperti Prefab Sprout, Tears for Fears dan kiblat-kiblat lainnya yang menjadi “bumbu rahasia” untuk membuat lagu. Ngga rahasia juga sih, emang banyak banget dengerin lagunya hehe

Menurut IKKUBARU gimana sih perkembangan musik di Indonesia?

Kalo diamati sih agak lumayan cepet berubahnya. Dulu jaman rock n roll, trus sempet folk, dan akhirnya pschedelic dan indie pop/rock lainnya. Intinya sih di Indonesia sebagian besar ngikutin perkembangan tren musik dari negeri-negeri bule.

Karena Bandung adalah hometown kalian nih, menurut kalian gimana perkembangan musik di Bandung?

Kalo Bandung jaman 90an sampe akhir 2010 menurut saya sih masih asik banget, kalo band Bandung sekarang sih mungkin hanya segelintir yang punya “spirit of 90’s”, penurunan kuantitas aja sih. Dan karena event2 musik pun sudah sangat berkurang jumlahnya.

Kira-kira menurut iqbal siapa sih personil IKKUBARU yang paling nyebelin?

Banon kali ya, karena ga bisa diem haha

Apa sih kebiasaan IKKUBARU sebelum manggung? Dan apa ada “ritual” tersendiri?

Biasanya sih berdo’a, trus hands group gitu sambil nyebut nama band atau kadang nama manager kita haha

Kira-kira kejadian yang paling ga biasa dilupain waktu lagi tour di Jepang?

Manggung jam setengah empat…..subuh…

Mata udah teler, perform ga karuan haha

Kepikiran ga sih buat IKKUBARU membuat ganti aliran?

Kalau memungkinkan sih pengen, kalo ngga mungkin paling di project yang lainnya    hehe

Kalo IKKUBARU ada kesempatan manggung dengan  musisi lain kira-kira siapa musisinya dan kenapa?

Cornelius, karena klo sama Tatsuro ngga mungkin haha. Karena saya suka Cornelius khususnya di album-album terakhir, pop dengan unsur psychedelic yang menurut saya band lain belum punya

Kalo diajak collabs sama band melayu a.k.a miss band atau W  band, apa respon IKKUBARU? .

Mending bubar aja, haha

Pernah ga sesama personil IKKUBARU berantem?

Pernah, waktu itu banon ngotot pengen main gitar pas akustik live di Jepang, yang saat itu harusnya mendingan main cajon haha

Siapa personil yang suka telat?

Iki, soalnya jauh rumahnya

Apa jajanan favorit IKKUBARU di Jepang?

iqbal: onigiri isi tuna mayo dan kopi kemasan cup dari convenience store

Iki: onigiri

Banon: sosis *sensor*

Aji: roti-rotian dan yang manis-manis

Harapan IKKUBARU terhadap perkembagan industri musik Indonesia secara umum?

Berharap agar wadah untuk musik seperti ikkubaru menjadi lebih banyak dan menjamur di Indonesia

 

Nah, bagi kalian yang penasaran dengan karya-karya dari Ikkubaru kalian bisa membeli album mereka di toko-toko musik terdekat dan melihat video musik mereka di kanal Youtube. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Ikkubaru kalian juga bisa mengikuti perjalanan Ikkubaru di akun @ikkubaru (Instagram). Mari luangkan waktu untuk mengapresiasi karya anak bangsa yang sudah membawa harum nama Indonesia di negara lain!

 

Tulisan oleh Asykari Suryadarma

Foto oleh Donny Pandega

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *