LOADING

Type to search

Berjoget Dalam Kesegaran Single Terbaru Anomalyst, Tropikalia

DAILY FEATURED

Berjoget Dalam Kesegaran Single Terbaru Anomalyst, Tropikalia

INCOTIVE 07/10/2018
Share

Teks: Abyan Hanif

Anomalyst, grup musik trio asal ibu kota yang beberapa waktu lalu merilis single musik dengan judul “Kaca” kembali hadir dengan single terbaru mereka yang berjudul “Tropikalia”. Single Tropikalia dirilis pada 28 September 2018 kemarin. Sedikit berbeda dengan single sebelumnya, Pada Tropikalia, Anomalyst lebih menunjukan nuansa “segar” nan “adem” dengan iklim tropis, pepohonan, buah-buahan, dan pantai sebagai poin utamanya.

Menurut Christianto Ario Wibowo sebagai penulis lirik mengatakan bahwa Tropikalia sendiri bercerita tentang sebuah romansa dimana suasana segara nan adem tersebut dapat diartikan sebagai kebahagiaan dan kemesraan di dalam romansa itu sendiri. Anomalyst juga merilis sebuah video lirik dari Tropikalia dengan judul “Aroma Nusantara”, dimana konsep video tersebut diambil dari acara memasak di televisi Indonesia yang ditayangkan pada tahun 80an hingga 90an, yang dipandu oleh oleh Ibu Sisca Soewitomo. Acara memasak tersebut dianggap menggambarkan kehidupan masa kecil personil Anomalyst serta mewakili kesan “adem” pada lagu Tropikalia.

Pada musik Tropikalia jelas sekali adanya pengaruh dari musik-musik Brazil pada tahun 70an hingga 80an dan juga “meminjam” liriknya dari gerakan tropikalia yang terjadi di Brazil pada era tersebut. Dari segi lirik, pemilihan gaya bahasa, diksi, dan kata kiasan yang sedemikian rupa, melambangkan sikap hormat Anomalyst kepada tokoh-tokoh musik Indonesia seperti Chaseiro dan Guruh Soekarno Putra karena kemiripan gayanya.

Bagi saya sendiri Tropikalia saya anggap sebagai musik yang berhasil, karena saya sebagai pendengar bisa merasakan bahwa tujuan atau konsep yang ingin disampaikan oleh personil Anomalyst terealisaikan dengan baik melalui hasil akhir dari lagu dan video lirik yang sudah mereka buat.

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *