LOADING

Type to search

Memaknai Hubungan Emosional Melalui Klip Musik Terbaru Novo Amor, “Utican”

DAILY

Memaknai Hubungan Emosional Melalui Klip Musik Terbaru Novo Amor, “Utican”

Defta Ananta 10/09/2018
Share

Setelah sukses dengan merilis klip musik “Birthplace” yang mengusung isu mengenai limbah plastik. Singer & song-writer berkebangsaan Wales, Novo Amor,  telah merilis music video dengan judul “Utican” yang mengangkat isu-isu hubungan emosional pada kehidupan manusia pada tanggal 7 September 2018 lalu. Kali ini musisi dengan nama asli Ali John Meredith-Lacey yang bekerja sama dengan sutradara Ethan Graham menggarap klip musik yang berfokus pada hubungan anak dan ayah di dalam sebuah keluarga. Secara visual, klip musik “Utican” menggambarkan suatu hal yang sifatnya sangat personal (setidaknya itu yang saya tangkap). Sebuah kulminasi makna yang mungkin sering tidak kita sadari terutama dalam menjalani hidup dalam suatu keluarga ataupun dalam lingkungan sosial kita.

Mengambil sudut pandang dari seorang anak laki-laki, klip musik “Utican” mengelaborasi kesadaran dari seorang bocah dan juga ayahnya mengenai makna dalam kedewasaan dan seksualitas yang terbungkus dalam kondisi sepeninggalan seorang sosok ibu dalam keluarga. Sang sutradara, Ethan Graham menambahkan,

His memory of her is slowly deteriorating and the only way he can hold onto this, is by wearing her dresses and applying her make-up the way she used to when he was a little boy

Sebuah pendekatan unik untuk mengeksplorasi hubungan maskulinitas antara ayah dan anak dengan cara yang sangat halus. Untuk memberikan kedalaman konteks mengenai ide dibelakang lagu tersebut, “Utican” secara musikal mengajak para pendengar untuk merasakan representasi dari sebuah ide mengenai kehidupan yang terbebas dari cengkraman masa lalu. Berkaitan dengan konsep klip musik tersebut, untuk menjalani fase kehidupan yang diterpa oleh perasaan kehilangan seorang sosok vital dalam keluarga tentu tidak akan mudah bagi siapapun. Bersiaplah kalian untuk dibawa ke dalam suatu perjalanan emosional yang berdurasi tiga menit lebih satu detik.

Pemilihan judul “Utican” merujuk pada nama sebuah tempat yang pernah ditinggali oleh Ali yaitu Utica. Ia merasa walau hanya sebentar, Utica dapat memberikan sebuah perasaan familiar tentang suatu konsep yang sering kita sebut dengan “rumah”. Melalui perilisan klip musik “Utican” kita bisa mengambil sebuah pemahaman bahwa konsep tentang rumah tak sebatas mengenai ruang fisik semata, melainkan melibatkan perasaan yang juga tumbuh melalui hubungan emosional dengan orang-orang seiring dengan berjalannya waktu.

Untuk menyaksikan klip musik “Utican” dari Novo Amor, kalian bisa langsung mengakses tautan di bawah ini:

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *