LOADING

Type to search

“Manusia Perak” Rilisan Terbaru Muchos Libre yang Enigmatik

DAILY FEATURED

“Manusia Perak” Rilisan Terbaru Muchos Libre yang Enigmatik

Andi Basro 18/03/2020
Share

Dua cowboy berhadapan untuk duel adalah gambaran yang muncul di pikiran saya ketika pertama kali mendengarkan intro single terbaru Muchos Libre “Manusia Perak” yang dirilis pada 28 Februari lalu. Semakin berlanjutnya lagu, unsur-unsur sci-fi membuat suasana terasa enigmatik.

Lagu Manusia Perak ditulis oleh Bagongtempur, Ardian Aziz Oktriyana, Nizar Oktriyadi. Sementara, lirik dan vokalnya diisi oleh Korongmentah. Lagu ini memiliki sekuel yang akan rilis awal April nanti, berjudul “Manusia Silver”. Ilustrasi dari single cover Manusia Perak ini dikerjakan oleh ilustrator, & komikus asal Jogja, Gandhi Eka.

Muchos Libre adalah band garage rock asal bandung yang beranggotakan Bagongtempur (Vokal), Korongmentah (Vokal), Hilman Hakim Nugroho (Drum), Nizar Oktriyadi (Bass), Ardian Aziz Oktriyana (guitar), dan Rizky Varama (Guitar). Band ini terbentuk di tahun 2010, memiliki ciri khas aksi panggung dua vokalis bertopeng Luchador yang eksentrik dengan banyolan kasar yang membuat gelak tawa di setiap panggungnya.

“Manusia Perak” berbeda dengan lagu-lagu mereka sebelumnya yang tempo nya tinggi dan tidak banyak basa-basi. Lagu ini bisa dibilang slow burn dengan tempo yang cukup pelan. Walau pelan, riff gitar beratnya tetap memacu adrenalin. Korongmentah juga menunjukan bahwa vokalnya tidak selalu kencang dan agresif, dia menunjukan range vokal yang sangat adaptif.

Muchos Libre juga menambahkan unsur komedi, menceritakan candaan mereka yang memplesetkan Silver Surfer adalah pengemis di Bandung. Lirik dan ambience lagunya sangat kontradiktif. Namun pesan komedinya tetap disampaikan dengan baik.

Melalui single ini, Muchos Libre menunjukan betapa istimewa dan fleksibelnya mereka sebagai suatu band. Seperti Fugazi, menurut saya Muchos Libre tidak bisa dimasukkan ke dalam satu kategori atau genre, karena mereka bisa mengambil referensi dari unsur-unsur yang variatif.

Tags:
Andi Basro

Poser HC yang berusaha mengedukasi soal musik tanpa memiliki kemampuan bermusik.

  • 1

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *