LOADING

Type to search

Penegasan Eksistensi Alvin Baskoro Lewat Single Bertajuk “Lalu Lalang”

DAILY

Penegasan Eksistensi Alvin Baskoro Lewat Single Bertajuk “Lalu Lalang”

Defta Ananta 17/02/2018
Share

Setelah sukses merilis EP bersama Alvin & I yang bertajuk “Bersuara”, Alvin Baskoro, pribadi sederhana dengan talenta yang besar, memilih untuk mencoba peruntungannya dengan bersolo karir. Peluncuran EP perdana Alvin Baskoro berjudul “Beranjak” terbukti berbuah manis.

Kini Alvin Baskoro kembali hadir untuk menegaskan eksistensinya dalam ranah musik folk lewat Single “Lalu Lalang” yang merupakan salam perkenalan dari album penuh yang akan dirilis oleh dirinya. Ia mengatakan bahwa lagu tersebut ditujukan untuk para teman-teman terdekatnya semasa kuliah yang pernah tinggal bersama dalam suatu kontrakan. Lagu yang memiliki tema mengenai perpisahan ini sangat memperlihatkan sisi kepribadian seorang Alvin Baskoro yang memang dikenal sebagai sosok yang melankolis lewat penggunaan lirik yang menurut saya pribadi cukup dalam maknanya.

Berbicara soal materi lagu, petikan gitar yang saling bersahutan di lagu “Lalu Lalang” sukses meninggalkan kesan yang “penuh” walaupun hanya diisi oleh jumlah instrumen yang terbatas. Ditambah dengan adanya layering dari strings instruments di akhir bagian pada lagu ini, nampaknya hal tersebut sukses untuk menjalankan fungsinya menjadi komponen esensial dalam membangun mood melankolis yang ditawarkan oleh Alvin semenjak awal lagu dimulai. Tidak lupa juga suara khas dari Alvin yang dengan lembut nan gagah menyampaikan pesan lewat alunan merdu vokalnya.

Hikmat. Mungkin kata tersebut bisa menggambarkan sensasi yang saya rasakan saat mendengarkan lagu terbaru dari proyek solo sang frontman band Alvin & I. Pemakaian lirik mendalam yang terbungkus dalam komposisi musik minimalis yang “apa adanya” sukses meninggalkan kesan secara personal bagi para pendengar (setidaknya saya secara pribadi). Kejujuran seorang Alvin Baskoro dalam proses produksi lagu ini secara independen menyiratkan adanya keinginan besar untuk bisa keluar dari belenggu zona nyaman yang mungkin sudah menghantui dirinya sejak lama.

Single “Lalu Lalang” adalah sebuah salam hangat dari Alvin Baskoro dalam rangka memperkenalkan dirinya sebagai seorang soloist yang patut diperhitungkan dalam industri musik khususnya di Kota Bandung. Langkah besar telah diambil oleh dirinya yang memutuskan untuk menapaki karir bermusik sebagai soloist. Semoga dengan dirilisnya single perdana ini menjadi titik awal kedewasaan seorang Alvin Baskoro dalam berkarya di dunia musik, khususnya dalam ranah genre folk.

Ditengah musim penghujan yang melanda ini, lagu “Lalu Lalang” nampaknya sangat cocok untuk menemani diri yang mungkin sedang larut dalam suasana kerinduan terhadap seseorang di kala musim yang diidentikan dengan perasaan sentimental nan melankolis ini.

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *