LOADING

Type to search

Menyelami Musik Dance dan Perjalanan KimoKal Lewat ‘Wanderlust’

DAILY FEATURED

Menyelami Musik Dance dan Perjalanan KimoKal Lewat ‘Wanderlust’

INCOTIVE 09/09/2018
Share

Teks: Abyan Hanif

Dalam rangka perilisan album kedua mereka yang berjudul “Just Like You”, KimoKal terlebih dahulu mengeluarkan single anyarnya dengan judul “Wanderlust”. Sebelumnya, pada bulan Februari kemarin KimoKal sudah terlebih dahulu mengeluarkan single pertama mereka untuk album Just Like You yang diberi judul One ft. Neonomora.

KimoKal sendiri adalah nama panggung dari duo Kimo Rizky dan Kallula Hersynta Esterlita. Musik ‘racikan’ duo Kimo dan Kallula ini terdiri dari unsur-unsur seperti psychedelic, nu-wave, dub, electronic, nu-disco, ballad, dan pop. Single Wanderlust, memberikan gambaran mengenai warna berbeda yang akan dipresentasikan lewat album kedua mereka. Meski mendeskripsikan persatuan, single pertama mereka yang berjudul One masih mengandung beberapa kemiripan dengan album sebelumnya. Namun, pada lagu Wanderlust, Kimo dan Kallula seperti mengajak pendengar mereka untuk merasakan good vibe yang dibawakan dan bersenang-senang, secara harfiah maupun dengan ketukan yang menyenangkan. Hal ini juga yang menjadikan Wanderlust sebagai lagu yang terpilih untuk menjadi single kedua dari album yang akan datang.

Perbedaan yang dapat didengar dalam musiknya memang dibuat semenjak proses pembuatan. Kimo dan Kallula berangkat ke Bali untuk mencari suasana baru dan merampungkan lagu ini. Tidak hanya itu, mereka juga diikuti oleh tim dari projek video Just like you.

Perjalanan KimoKal Wanderlust

Ketika pertama kali mendengar Wanderlust dari awal hingga akhir, saya tidak merasakan sesuatu yang bisa membuat saya langsung menyukai lagu ini, entah mungkin karena musiknya yang monoton atau drum beat dan bass-line nya yang kurang cocok ditelinga saya. Dari segi genre, Untuk ‘melabeli’ musik dengan gaya seperti ini menggunakan kata psychedelic menurut saya sendiri agak kurang cocok, mungkin akan lebih pas jika menggunakan istilah dance music atau house music, walaupun sebenarnya roots dari jenis musik-musik tersebut adalah psychedelic. Karena menurut saya musik psychedelic sendiri bukan hanya diukur dari sekedar musik yang ‘enakeun’ didengarkan sambil ditemani dengan substansi-substansi tertentu saja, tetapi juga dari attitude band tersebut yang juga menjadi tolak ukur pelabelan musik psychedelic dan menurut saya belum dimiliki oleh KimoKal.

Akhir kata, ‘Wanderlust’ dari KimoKal ini tetap wajib untuk didengarkan, apa lagi untuk kalian-kalian pecinta musik-musik joget sembari menunggu kejutan-kejutan dari KimoKal pada album Just Like You yang akan dirilis pada bulan Oktober nanti bersama dengan Mercedes-Benz. Sukses terus KimoKal!

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *