LOADING

Type to search

Single Terbaru Murphy Radio Mematahkan Stigma dengan Penuh Harapan

DAILY FEATURED

Single Terbaru Murphy Radio Mematahkan Stigma dengan Penuh Harapan

Andi Basro 05/04/2020
Share

“Instrumentalnya menciptakan suatu suasana yang sangat hopeful, seolah-olah memberi tahu pendengar bahwa penyandang disabilitas juga memiliki harapan dan mimpi seperti manusia lainnya.”

Sering kali manusia takut atau menghindari apa yang tidak mereka mengerti. Namun masalahnya, manusia juga tidak ada keinginan untuk mencoba. Itulah yang ada dalam benak saya ketika usai mendengarkan single terbaru Murphy Radio yang mengangkat isu down syndrome.

Grup math-rock asal Samarinda, Murphy Radio, lepas kerinduan pendengarnya dengan merilis karya terbarunya setelah hampir 2 tahun sejak rilisnya debut album mereka. Tak hanya satu, Murphy Radio melepas dua lagu baru yang dibungkus dalam satu music video. Mengangkat tema down syndrome, double single ini dirilis bertepatan dengan Hari Down Syndrome Sedunia pada tanggal 21 Maret lalu.

“Autumn” dan “Sandy” menjadi representasi Murphy Radio dalam melihat kondisi down syndrome yang dimiliki oleh sebagian orang. Daripada memberikan rasa kasihan dan menulis musik mellow, Murphy Radio nyatanya menghadirkan musik yang penuh semangat. Mewakili bahwa walaupun dalam kondisi yang berbeda, para penyandang down syndrome dan disabilitas lainnya juga mampu melakukan hal yang sama, bahkan bisa lebih karena mereka dapat melihat apa yang orang lain tidak bisa lihat.

Murphy Radio berupaya mematahkan stigma yang dimiliki oleh orang-orang yang down syndrome dan disabilitas lainnya. Seperti apa yang dilakukan oleh Ginan Koesmayadi, dari Jeruji, untuk AIDS dan pecandu narkoba. Dalam musik video, Murphy Radio mematahkan stigma mereka sendiri dengan kata-kata “while making this video we thought that they were unable to act like us, but when we got there running, drawing, stitching and singing” “They actually have more happiness, they see the world with more colors in their own vision”.

Dalam “Autumn/Sandy”, instrumentalnya menciptakan suatu suasana yang sangat hopeful, seolah-olah memberi tahu pendengar bahwa orang-orang yang ada di dalam musik video juga memiliki harapan dan mimpi seperti manusia lainnya. Murphy Radio memperlihatkan sisi lain dari kehidupan penyandang down syndrome dan disabilitas lainnya yang biasanya digambarkan dengan rasa kasihan dan kesedihan.

Murphy Radio telah menciptakan suatu karya yang dalam sekaligus membuka perspektif yang baru. Berdasarkan “Autumn/Sandy”, karya-karya Murphy Radio selanjutnya akan sangat dinantikan.

Tags:
Andi Basro

Poser HC yang berusaha mengedukasi soal musik tanpa memiliki kemampuan bermusik.

  • 1

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *