LOADING

Type to search

Bertamasya ke Kebun Halusinogen bareng Single Terbaru The Broto

DAILY FEATURED

Bertamasya ke Kebun Halusinogen bareng Single Terbaru The Broto

INCOTIVE 26/03/2019
Share

Teks oleh Mirza Lazuardi (Frontman White Lemon Delirium)

Dentuman drum, heavy riff dan vokal cadas sangat menarik perhatian saya ketika pertama kali mendengar “Doom Rock ‘n Roll”. Jika dilihat dari judul yang diberikan, asumsi pendengar akan cerita dari lagu ini mungkin mengenai hingar bingar dunia rock and roll yang dibungkus kedalam musik doom, tapi ternyata tidak hanya itu. Lagu tersebut berisikan lirik yang lebih dalam dibandingkan dengan judul yang diberikan. Meskipun korelasi antara judul dengan lirik yang dibawakan tidak terhubung secara langsung, materi lagu ini patut diacungi jempol.

The Broto dapat dikatakan cukup berani untuk mengangkat materi mengenai Spiritual Cosmocentrism dan Anthropocentrism Secularism, tanpa menjelaskan secara gamblang apa maksud dari kedua makna tersebut. Mungkin hal ini dilakukan agar para pendengarnya dapat bersikap kritis mengenai materi yang mereka buat ini. Akan tetapi, cerita yang dibawakan dalam lagu ini dibungkus dengan cukup menarik.

Mulai dari bagaimana pemikiran Spiritual Cosmocentrism bahwa manusia adalah bagian dari alam lebih penting dibandingkan dengan pemikiran Anthropocentrism Secularism dimana pemikiran ini mengajarkan bahwa manusia lah entitas yang paling penting di alam semesta. Hingga perjalanan spiritual dengan “Elder Broto” menjelajahi kebun halusinogen untuk menjelaskan bahwa alam dapat mengajarkan kita mengenai micro, macro, dan meta-cosmos. Meskipun untuk mendapatkan pesannya saya perlu membaca dan mendengarkan beberapa kali hingga “Doom Rock ‘n Roll” benar-benar nyangkut di kepala saya. Lagu ini berhasil membuat penasaran pendengarnya mengenai filsafat tanah air.

the broto Doom Rock ‘n Roll

Dari segi musikalitas saya sangat terkesan dengan hasil produksi dari single ini. Dibandingkan dengan beberapa rilisan sebelumnya, The Broto kini menyajikan materi yang benar-benar padat dan matang. Karakter vokal dapat dibawakan secara cadas tetapi artikulasi serta lirik yang dilantunkan dapat didengarkan dengan sangat jelas. Fuzz gitar yang mematikan terdengar sangat jelas, serta hentakan drum yang sangat heavy cukup menjelaskan makna dari Doom pada single ini. Penggunaan harmonica di beberapa bagian pun menjadi elemen kejutan karena dapat menghadirkan nuansa Rock ‘n Roll dalam musik Doom yang dibawakan.

Secara keseluruhan, “Doom Rock ‘n Roll” berhasil memberikan angin segar bagi para pecinta musik doom dan juga rock ‘n roll yang membutuhkan warna baru dalam playlist mereka. Jika kalian para pecinta musik “gelap” maka wajib bagi kalian untuk mendengarkan lagu ini.

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *