LOADING

Type to search

Peluncuran EP Terbaru, SORE Mempersembahkan Showcase Oye, Adelante!

EVENT FEATURED

Peluncuran EP Terbaru, SORE Mempersembahkan Showcase Oye, Adelante!

INCOTIVE 02/07/2019
Share

Teks oleh Fathur Razan 

Siapa yang tidak kenal Band SORE? Band yang dibentuk pada tahun 2003 berasal dari ibu kota, akhirnya mengeluarkan EP terbarunya setelah 4 tahun tidak merilis album maupun EP. Sabtu, 29 Juni 2019, IFI Bandung menjadi tempat peluncuran EP tersebut, sekaligus menjadi sebuah showcase yang bertajuk “OYE, ADELANTE!”.

Showcase tersebut tidak hanya menampilkan SORE saja, tetapi turut mengundang beberapa musisi yang berkolaborasi di EP tersebut seperti Aqi dari ‘Alexa’, Audrey Singgih, Karaeng Adjie dari Polka Wars, Vira Talisa, dan Alvin and I sebagai pembuka showcase tersebut.

Saya datang ke showcase tersebut bersama rekan saya Maha Fadhilah (Fotografer) tepat pukul 17.00 WIB. Saat kami datang, kami berdua kira acara sudah dimulai, namun ternyata belum. Banyak pengunjung yang masih menunggu di luar Gedung IFI. Kiranya kurang lebih 2 jam menunggu, pukul 19.00 WIB akhirnya sudah open gate.

Melihat para penonton dan pengunjung sudah berbondong-bondong masuk, tanpa basa-basi saya dan Maha pun mengikuti antrian di pintu masuk. Setelah memasuki pintu depan, kami pikir sudah langsung masuk ke lokasi venue, tetapi lagi-lagi para pengunjung dibuat menunggu kurang lebih 30 menit, kata panitianya sih lagi clearing area dulu di dalam gedungnya. Setelah dengan total kurang lebih 2 jam 30 menit dibuat menunggu, akhirnya kami memasuki Gedung IFI tersebut.

Saat masuk, kami dan para penonton lainnya disuguhkan kata sambutan, saya rasa itu suara Ade Firza salah satu vokalis SORE sendiri yang mengisi kata sambutan tersebut. Showcase langsung saja dimulai. Alvin and I menjadi band pembuka di showcase OYE, ADELANTE!”, dengan membawakan beberapa lagu seperti ‘So Tired’, ‘Kalut’, ‘Bersuara’ dan ditutup oleh lagu ‘Sastra Hutan’, yang membawakan pesan untuk saling menjaga lingkungan hidup di Indonesia.

Saat menyaksikan penampilan Alvin and I, saya sempat salah fokus dengan pemain Karinding, Flute yang sekaligus pemain Angklungnya langsung membuat musik Alvin and I memanjakan telinga. Ilustrasi visual yang sangat terkonsep oleh Adxita pun membuat para penonton yang hadir terpana. Jujur saja ini pertama kali saya menonton secara langsung penampilan Alvin and I. Setidaknya enam lagu yang dibawakan Alvin and I, dan menurut saya lagu yang berjudul ‘Bersuara’ cukup membuat penonton menari-nari asik menganggukan kepalanya.

Akhirnya yang ditunggu-tunggu naik panggung, SORE. Setelah para crew-nya sibuk menyusun set dan mengecek instrumen, Ade Firza, vokalis sekaligus gitaris dari SORE mengucapkan kalimat selamat datang. Para crowd mulai memenuhi bagian depan panggung. Walaupun tidak memenuhi Gedung IFI, crowd-nya jauh lebih padat dari penampilan Alvin and I sebelumnya.

Membuka penampilan dengan membawakan lagu dari album pertamanya yang berjudul ‘Bebas’, seketika membuat penonton bersama-sama ikut menyanyikan lagunya. Tidak sedikit juga yang langsung menggoyangkan badannya. Sore juga membawakan lagu-lagu andalan lainnya, seperti ‘Setengah Lima’, ‘Essensimo’, ‘Karolina’, dan ‘Sssst’.

Tidak lupa juga, karena ini merupakan acara showcase menyambut EP terbaru dari SORE, mereka membawakan beberapa lagunya yang berjudul ‘Pergi Tanpa Pesan’ featuring Aqi Alexa dan ‘Ode Usia’ featuring Audrey Singgih. Karaeng Adji yang merupakan vokalis Polka Wars pun turut berduet dengan SORE membawakan lagu dari album Ports of Lima yang berjudul ‘Come by Sanjorou’. Penampilan special guest yang terakhir adalah Vira Talisa, dengan membawakan lagu featuring mereka ‘Rubber Song’.

Namun sangat disayangkan, saat SORE dan Vira Talisa selesai membawakan lagu tersebut, beberapa penonton perlahan mulai meninggalkan Gedung IFI. Padahal showcase tersebut belum sepenuhnya selesai. Penampilan SORE pun ditutup dengan lagu ‘Sssst’. Dari semua lagu yang malam ini dimainkan, menurut saya lagu ini yang paling membawakan energi pada showcase tersebut. Bahkan ada satu penonton naik ke atas panggung untuk ikut bernyanyi bersama SORE.

Foto Showcase OYE, ADELANTE! oleh Maha Fadhilah

Dari keseluruhan showcase “OYE, ADELANTE!” sangat meriah. Karena memang acara untuk menyambut peluncuran EP terbaru dari SORE. Walaupun tidak sesuai ekspetasi saya oleh datangnya para penonton yang kurang penuh. Secara teknis pun tidak ada kesalahan sama sekali, semua berjalan lancar. Hanya saja waktu yang sangat ngaret sehingga membuat showcase ini pun berakhir pukul 23.00 WIB. Mungkin perihal waktu yang menjadi larut malam membuat penonton memilih keluar lebih cepat.

Setelah berakhirnya showcase ini, SORE mengadakan meet and greet kecil-kecilan dengan para fans-nya. Ada yang meminta tanda tangan (legalisir) di CD album terbaru mereka atau di merchandise yang baru dibeli, hingga foto bersama personel SORE ini. Hubungan SORE dengan fans-nya sangat dekat, seakan tak berjarak. Selamat untuk teman-teman Sore!

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *