LOADING

Type to search

The Cat Police Merayakan Hari Buruh Dengan Merilis Video Musik ‘Ironi Semiotika Warna’

DAILY

The Cat Police Merayakan Hari Buruh Dengan Merilis Video Musik ‘Ironi Semiotika Warna’

INCOTIVE 29/04/2018
Share

1 Mei 1886, kemuakan kaum pekerja meledak. Sekitar 350.000 buruh yang diorganisir oleh Federasi Buruh Amerika melakukan mogok kerja dan demonstrasi di berbagai negara AS. Hari itu adalah awal dari hari buruh yang kita peringati setiap tahunnya. Setiap 1 Mei, hampir semua kaum pekerja turun ke jalan untuk menuntut hak-hak nya. Kali ini The Cat Police, unit rock n roll Tangerang turut memperingati dengan cara yang bebeda. The Cat Police akan merilis sebuah video musik ‘Ironi Semiotika Warna’ yang disutradarai oleh Wisnu Dewa Broto, atau Nunu biasa ia dipanggil.

Wisnu menjelaskan alasan mendalam di balik video musik ini, “Kehidupan sosial sangat rumit, manusia sebagai subjek sekaligus objek selalu menghasilkan konflik yang sejatinya tumpang tindih. Hal ini terjadi karena telah terbentuknya pola sosial yang terbagi menjadi 2, si hitam dan si putih, dimana manusia memiliki pandangan sendiri terhadap manusia lain yang sudah membudaya atau dibudidayakan. Terbilang membudaya karena telah melekat entah dari kapan hingga sekarang dan dibudidayakan karena diciptakan untuk kepentingan individu-individu tertentu. Mengapa hitam selalu didekatkan dengan kotor? Sementara putih itu bersih? Padahal papan tulis kapur akan terlihat bersih ketika ia hitam dan tidak memiliki sisi putih. Ironinya, pandangan atau pola sosial tersebut terus berkembang menjadi sebuah kelas sosial yang membagi seluruh umat di dunia hingga ke dalam pekerjaannya.”

Zaki Lazuardian, vocalist The Cat Police menjelaskan “Lagu Ironi Semiotika Warna ini emang salah satu lagu yang dibuat paling niat. Awalnya Nunu buat film dokumenter berjudul ‘Mata Elang’ dan gue dimintain isi scoring, terus gue bilang sekalian aja dibikin lagunya sama band gue, The Cat Police. Baru kali itu, gue buat lagu dengan riset lebih dulu, gue mulai belajar memahami dengan menganalisa ‘Mata Elang’ dari berbagai perspektif. Kenapa sih orang timur yang berkulit hitam dikasih pekerjaan ‘keras’ hanya karena tampilannya? Ada kesalahan disitu. Dan menurut gue Nunu adalah orang paling tepat untuk menginterpretasi lagu ini dengan cara yang menyenangkan. Sebenernya di pikiran gue gak kayak gini, tapi yang dibikin Nunu lebih keren dari apa yang gue piikirin, Ada pikiran gue dan pikiran Nunu menyatu di video ini.”

Video musik ‘Ironi Semiotika Warna’ diperankan oleh Petra Samuel dan Baasman Raditya serta dibantu oleh beberapa teman yang baik hati. Video ini akan diluncurkan perdana di acara ‘Absen Sehari’ sebuah eksibisi foto tentang buruh yang diadakan tepat tanggal 1 Mei 2018 di Taman Kunci, Tangerang. Acara ini diinisiasi oleh Tangorango Studio, sebuah komunitas seni Tangerang.

Tiara Dianita, produser ‘Ironi Semiotika Warna’ sekaligus panitia acara ‘Absen Sehari’ menerangkan “Gue dan temen-temen ingin merayakan hari buruh dengan cara kami, dan seni adalah yang paling dekat dengan kami. Semoga Video musik ‘Ironi Semiotika Warna’ dan eksibisi foto ‘Absen Sehari’ bisa juga dirayakan oleh kalian semua.

Tentang The Cat Police

The Cat Police adalah sebuah band rock dari Tangerang yang mencoba untuk mengkombinasi berbagai gaya musik 60’s sampai dengan 90’s (mungkin seperti itu). Terbentuk pada tahun 2008, dan mengalami berbagai pergantian personil hingga vakum, dan pada akhirnya di tahun 2015 terbentuklah formasi Zaki Lazuardian (vocal, harmonica, tambourine), Jack Andie (lead guitar), Odong Page (bass), Dio D. Wijaya (keyboards, backing vocal), Sonhaji Saputro (Drum), Gamma Gilang Akbar (Additional Guitar). The Cat Police merilis album “Tropical Industries” pada akhir tahun 2016. Lagu di album ini juga dapat didengarkan di platform digital seperti Spotify, Soundcloud, dan Youtube. Pada tahun 2017, Sonhaji Saputro memutuskan untuk mundur, tersisa 5 personil lainnya dibantu dengan Fisabilillah Muktadin (Drum).

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *