LOADING

Type to search

Semangat Mental Positif Dalam Video Musik Terbaru Seringai, “Selamanya”

DAILY

Semangat Mental Positif Dalam Video Musik Terbaru Seringai, “Selamanya”

INCOTIVE 14/07/2018
Share

Teks: Vio Basro
Photo: Rendha Rais & Rigel Haryanto

Setelah membuat para Serigala Militia menunggu selama 10 tahun, Seringai akhirnya merilis video musik “Selamanya”. Sebelumnya, Seringai merilis video musik di tahun 2007 pada era album Serigala Militia yang terdiri dari lagu “Citra Natural” (Cerahati x Speed of Films), Mengadili Persepsi (Sutradara Anton Ismael), dan Serigala Militia (Tromarama). Pada saat era album Taring di tahun 2012, Seringai tidak lagi merilis video musik.

Video musik “Selamanya” bercerita tentang bus Damri yang telah disulap menjadi Wahana Pesta Seringai seperti wahana di Dunia Fantasi maupun pasar malam. Bus yang dijadikan wahana ini berkeliling kota menghibur para Serigala Militia yang gila dan brutal. Video musik ini menunjukan hubungan dua arah antara Seringai dan Serigala Militia. Loyalitas para Serigala Militia menggemari Seringai dan juga dedikasi Seringai terhadap para Serigala Militia. Para pengunjung yang masuk ke dalam bus damri tersebut merupakan para penggemar loyal Seringai sendiri.

Dalam lagu “Selamanya” band oktan rock ini kembali mencampurkan elemen dari genre-genre musik keras yang berbeda. Kita mendapatkan tempo yang sangat cepat dari speed metal dan hardcore, sing along layaknya lagu-lagu punk, dan riff gitar yang epik seperti thrash metal dan heavy metal. Campuran elemen dan genre menjadi salah faktor yang membuat Seringai bisa menarik audiens yang beragam, oleh karena itu lagu-lagu Seringai sangat mudah menjangkau penggemar musik keras dalam sub-genre yang variatif. “Selamanya” bisa ada buat kita saat kita bahagia, ceria dan berpesta, “Selamanya” pun ada buat kita saat kita berduka atau saat kita sedang merasa blue untuk menyemangati kita kembali.

Lirik lagu “Selamanya” ditulis oleh vokalis Arian13 yang menyebarkan semangat mental positif, kemandirian dan menjadi diri sendiri. Soal semangat mental positif, kita bisa lihat di skena hardcore tahun 80an dengan gerakan PMA (Positive Mental Attitude) yang dikhotbahkan oleh band-band seperti Bad Brains, Cro-Mags, Youth of Today, Agnostic Front dan Minor Threat. Hal yang menarik adalah kalimat “Mungkin moral positif kami, bukan dari yang sok suci” dalam lirik “Selamanya”, bisa diinterpretasikan sebagai sindiran terhadap kemunafikan religius yang merajalela di Indonesia atau bahwa semua hal yang positif terjadi kepada kita itu karena kerja keras kita sendiri dan moral positif kami, balik lagi ke PMA. “Selamanya” juga bisa berpengaruh bagi orang-orang yang merasa sangat insecure terhadap diri mereka sendiri dan berjuang untuk mengekspresikan diri mereka. Karena di Indonesia dari kecil kebebasan kita untuk berekspresi sangat dilestarikan oleh sistem yang ada. Pola ini bisa kita lihat dalam lagu mereka “Mengadili Persepsi” yang membahas kebebasan individu.

“Sangat senang dengan hasil akhir album terbaru Seringai. Heavy, nampol, fun dan penuh semangat. Video ‘Selamanya’ juga keren banget! Setelah lebih dari 16 tahun, saya senang kami masih bisa tetap bersenang-senang dan menggila,” ujar Sammy Bramantyo, bassist Seringai.

Seringai berencana merilis album studio terbaru yang akan menjadi album ke-empat mereka dibawah label High Octane Production, label rekaman mereka sendiri. Album yang berjudul “Seperti Api” dan daftar lagunya akan berisi 11 lagu yang diproduseri oleh gitaris Ricky Siahaan. Artwork album digambar oleh Arian13 yang terinspirasi dari Oni, tokoh kisah dongeng Jepang yang berwujud gergasi (ogre atau troll). Album studio tersebut sampai saat ini belum ada tanggal rilisnya.

Video musik terbaru Seringai “Selamanya” bisa langsung anda tonton lewat tautan Youtube di bawah ini,

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *