LOADING

Type to search

Wawancara Khusus: ONAR

INTERVIEW

Wawancara Khusus: ONAR

Share

ONAR mengusung tagline “Best Behaviour” dan nampaknya bukan cuman sebagai gimmick saja, karena sebagai kolektif hip hop yang mulai terkenal mereka mau kami ajak ngobrol ngasal. Kejadiannya terjadi beberapa minggu lalu disela-sela UK/ID Festival. Empat anggota dari ONAR rela meladeni pertanyaan-pertanyaan sok penting tentang kehidupan and some random shit.

 

Noise (Abim)

IMG_5879-2

Semua foto oleh Patrick Soeseno Soehadi

Line terbaik yang pernah lo buat?

“ONAR cuma ada satu bangsat” itu juga enggak sengaja kayanya hahaha.

Nama email pertama lo apa?

abimzimbab@hotmail.com

Ada teori konspirasi yang lo percaya?

Kayaknya semua gue percaya-percaya aja, cuman gue enggak takut aja. Misalnya kaya illuminati. Gini sih sebenernya kalau untuk bener-bener nilai gitu ya gue musti bener-bener tau datanya valid apa enggak kan? Jadi gimana gue tau caranya juga orang bukan gue yang melakukan risetnya. Jadi yaudah itu sekedar informasi yang gue tau. Misalnya bener gue antisipasi atau apapun, misalnya enggak yaudah.

Seandainya bisa milih orang random buat jadi presiden Indonesia, siapa yang akan lo pilih?

Hmm.. Gue. Tapi kayaknya enggak random hahaha.

Kalau ikut audisi ajang pencarian bakat lo mau nyanyi lagu apa?

SID – Kuta Rock City.

Emang band favorit lo apa?

Gue bingung antara Nirvana atau Sex Pistols. Kayaknya Nirvana? eh enggak deh Sex Pistols, soalnya dapet aja movement nya.

Ok Sex Pistols. Kultur hip hop sama kultur punk kan mirip-mirip nih, lo lebih prefer kemana dong?’

Mungkin punk, soalnya itu yang pertama gue dengerin. Gue bukan anak punk beneran kayak Komunitas Taring Babi gitu sih. Cuman maksud gue, gue bener-bener grow up dengan spirit itu jadi lebih prefer punk.

Urutin 1-4: Kendrick, Kanye, Nas, Jay-Z.

Kanye, Kendrick, Nas, Jay Z.

Pendapat lo tentang keonaran yang ada di televisi?

Gue sih ngerasanya itu kaya ilusi aja. Ok itu emang terjadi karena orang yang punya power, tapi menurut gue masalahnya banyak orang yang lupa kalau semua orang tuh punya power. Orang-orang tuh dibikin ngerasa kayak “ah kalau gue ngelakuin sesuatu juga percuma” padahal tuh enggak. Jadi daripada gue kecewa sama orang-orang yang kena isu itu gue lebih kecewa sama orang-orang yang ngerti tapi malah diem aja.

Kalau besok lo meninggal, sekarang lo bakal ngapain?

Kayanya sholat. Maksudnya bukan buat masuk surga sih, tapi biar tenang aja. Tujuannya sholat kan emang buat ngasih ketenangan. Gue enggak pengen pergi dengan panik hahaha.

Berarti lo cukup religius ya?

Gue jarang sholat sih, tapi sebenernya karena males aja. Cuman misalnya gue ditanya religius apa enggak, kayanya gue religius.

Kalau di Unikloh, Zoro dan semacamnya ada lagu Onar respon lo gimana?

Kayanya gue malu deh, aneh aja denger suara sendiri gitu. Ya semoga aja bukan lagu gue sih, lagunya Ayub aja dia lebih pas.

 

ShotgunDre (Andre)

IMG_5949-2

Line terbaik yang pernah lo buat?

“Since we’re built from matters and anti-matters will always be there, don’t be afraid of losing.”

Nama email pertama lo apa?

imakemorethanheavymetal@yahoo.com.

Mendingan mengubah masa lalu atau melihat masa depan?

Melihat masa depan sih. Kalau pun masa lalu bisa diubah mungkin yang akan gue ubah adalah ketika gue didalam kandungan, karena gue pathological depresi, jadi gue terlahir dengan otak yang beda dengan orang-orang.

Seandainya bisa milih hidup di era tertentu, lo milih tahun berapa?

Sembilan puluhan kayanya. Tahun 90an tuh adalah era dimana orang-orang lupa kalau itu adalah post-era dari Tembok Berlin runtuh, Amerika Resesi, tapi yang orang-orang inget dari 90 cuman great memories nya doang kayak Nirvana, Golden Age of hip hop, Britpop, jadi itu era dimana orang bisa live life to the fullest padahal di masa itu mereka lagi fucked up dan enggak lebih baik dari sekarang.

Ada teori konspirasi yang lo percaya?

Gue percaya alien sih sebenernya hahaha. Gimana ya, kayak 10 miliar planet, 30 miliar galaksi kayalnya enggak mungkin cuman kita doang yang hidup disini.

Kalau ketemu tuhan lo mau ngomong apa?

Sebenernya yang lo perbuat ini adalah lo nontonin kita kayak semut didalam tank gitu atau lo punya purpose? kayak “MAKSUD LO APA NYET?” Kayaknya dua itu sih, abis dia jawab baru akan gue tanya lagi.

Urutin 1-4: Kendrick, Kanye, Nas, Jay-Z

Nas, Kendrick, Kanye, Jay-Z.

Tokoh Influential lo?

Kayaknya nomor satu Steve Jobs sih, apa yang dilakukan sama dia menurut gue penting untuk keberlangsungan manusia. Entah itu naikin taraf hidup kita, social currencyall that social shit, dia push the human race forward.

Pendapat lo buat iPhone X?

Ya.. iPhone X menurut gue keren no matter what the fuck they say, walaupun presentasinya enggak sebagus Om Jobs nya, tapi itu barangnya keren sih. Menurut gue akan menimbulkan efek distruptive gitu ya.

Berarti menurut lo hidup ini sebenernya akan lebih menarik dengan adanya teknologi atau enggak nih?

Aahh… akan lebih menarik dengan adanya teknologi tentunya, karena dengan teknologi kita bisa fight politik, kita bisa fight untuk menaikan taraf hidup manusia. Kalau ada bencana dan semacamnya, segalanya bisa di infokan lewat teknologi. So bakal lebih seru kalau teknologi ada.

 

Ayub Jonn

IMG_5946-2

Nama email pertama lo apa?

ayubuyaayubuya@yahoo.com

Mending mengubah masa lalu atau melihat masa depan?

Melihat masa depan. Seancur-ancurnya masa lalu dia yang ngebentuk gue sampe ada di detik ini.

Musisi favorit lo?
Frank Ocean, no doubt man!

Album Blonde menurut lo gimana?

Wah itu gila! that turn me on bro! for real! I’m not gay but I really wanna kiss him if I met him, tapi gue terjebak banget di Channel Orange.

Ada teori konspirasi yang lo percaya?

Ok pertama gue percaya ada makhluk hidup lain di alam semesta ini selain manusia yang juga mendominasi planetnya, terus yang kedua adalah gue percaya Iluminati, tapi mereka pinter banget nge-twist nya. Contohnya kita akhirnya ngikutin trend supaya dianggep cool padahal emang itu yang mereka mau untuk menyisipkan pesan-pesan mereka.

Kalau 9 Naga percaya enggak?

OOHH PERCAYA! Ya.. cuman mau gimana lagi ya mereka powernya kuat.

Seandainya bisa milih orang random buat jadi presiden Indonesia, siapa yang akan lo pilih?

AHOK! AHOOK! SUMPAH AHOOK! WAH AHOK MUSTI JADI PRESIDEN MEN!

Nanti gue tulisnya di caps gitu ya?

GAPAPA CAPS AJA MEN KALO PERLU PASANG FOTONYA!

Kalau lo ketemu tuhan mau ngomong apa?

Wah.. gue cuman bisa bersyukur sama dia, karena dia udah terlalu sempurna mengatur segala sesuatunya buat gue jadi yang bisa gue lakuin cuman bersyukur.

Seandainya lo enggak jadi musisi, kira-kira sekarang bakal jadi apa?

Gue bakal jadi aktivis dan menuju presiden.

Wah berat juga ya, emang isu apa yang lo concern kalau jadi aktivis?

Lingkungan, karena gini cita-cita gue kebetulan mau ambil kuliah sustainable development, wich is gue juga bakal tetep ambil walaupun sekarang gue nyanyi, karena itu penting banget buat generasi selanjutnya. Sustainable development itu kan lo meng-consume cukup untuk dimasa ini dan menyediakan untuk generasi selanjutnya, cuman sekarang kan orang konsumtif dan relatif destruktif.

Berarti suatu saat lo bakal jadi politisi?

Bakal, mungkin kalo Abim jadi presiden gue yang jadi mentrinya hahaha.

Kalau lo bisa jadi orang lain lo pengen jadi siapa?

Gue pengen jadi Frank Ocean, dia tuh kompleks ya, tapi complexity nya bikin dia tuh keren banget. Kayak sex orientation nya itu pasti kalau ditarik kebelakang lagi karena interaksi sosialnya. Nah interaksi sosial yang kemudian membentuk kepribadian Frank O itu tuh gue pengen tau banget.

Urutin 1-4: Kendrick, Kanye, Nas, Jay-Z

Nas, Jay-Z, Kendrick, Kanye.

Lagu pop melayu favorit lo apa?

Wah yang gue ulik banget tuh ST 12, itu gila man rapih banget dan relate sama orang South East Asia, apalagi Indonesia Bagian Barat dan Malaysia. Itu game changer juga tuh, kalau lo bikin temanya bagus, lagunya enak, udah selesai men-bisnis hidup! kayak lagunya ST 12 – Saat Terakhir itu bagus banget.

 

Laze (Havie)

IMG_5918

Urutin 1-4: Kendrick, Kanye, Nas, Jay-Z

Nas, Jay-Z, Kendrick, Kanye.

Pertanyaan media apa yang paling lo sebel tapi selalu ditanyain?

Dulu nama gue Lazy P terus orang-orang nanya “P nya apa?”, abis itu mereka suka ada lanjutannya gitu “is it Lazy Penis?.”

Line terbaik yang pernah lo buat?

Ini paling simpel sih “Aku hanya mau menjadi profesional, maka musuh aku jamu macam obat tradisional.”

Ini di lagu yang mana ya?

Belom pernah gue keluarin.

Hmm.. Sebenernya gue enggak boleh nanya ini sih, tapi jadi penasaran gara-gara line lo tadi. Ngomong-ngomong album keluar kapan?

Ok, itu bisa jadi jawaban buat pertanyaan ke-2 lo tadi, “pertanyaan media apa yang paling lo kesel” hahaha, tapi gapapa. Gue lagi mixing ulang karena gue enggak puas sama hasilnya dan lagi nunggu artwork juga. Pokoknya as soon as itu selesai tahun ini pasti kekejar.

Ok balik lagi deh, nama email pertama lo apa?

sayahavie@yahoo.com. Profesional banget kan? Lo masih bisa kerja kantoran pake itu.

Seandainya lo bisa milih hidup di era tertentu lo milih hidup di tahun berapa?

Tahun 1920, itu gue denger di Eropa sebelum perang dunia semua isinya party sama seneng-seneng doang. Enggak ada pressure bro.

Tahun 90an berarti biasa ajalah ya?

Biasa aja, gue juga lahir tahun 92 masih 90an.

Berarti bisa dibilang lo kan udah cukup ngerasain kulturnya 90an, cerita dikit dong.

Dulu tuh 90an gue inget banget tiap hari gue nonton MTV, kalau ada yang jorok dikit mata gue di tutup tapi gue tetep nonton. Terus dulu juga gue ngedengerin banget rapper-rapper legend kita kayak Iwa K, Sweet Martabak, Boyz Got No Brain, Pesta Rap, dan gue sih enggak bisa pungkiri kalau sekarang gue ngerap karena influence dari mereka.

Kalau 8 Ball yang Asede Kontol lo denger?

Dengerin gue. Waktu SMA gue bilang itu lagu bagus banget.

Sekarang gimana?

Man, if you look back dan kalau lu put aside itu kata-kata kasar, itu lagu offensive paling bagus menurut gue. Enggak basa-basi, menurut gue lebih asik daripada lagu lucu-lucuan yang sekarang.

Ada teori konspirasi yang lo percaya?

Banyak man, pokoknya gue sih percaya kalau penyakit, virus-virus, itu sengaja dibuat untuk mengeliminasi jumlah-jumlah manusia. Gue juga percaya kalau makanan di desain untuk mengurangi umur manusia, soalnya emang statistik juga bilang bahwa kita udah enggak bisa over populated juga sebenernya. Gue percaya ada semacam kuasa yang lebih besar daripada yang kita tau dan dia ngontrol semua hal di bumi ini biar balance dan gue yakin orang-orang kecil kayak kita semua belom bisa paham itu. Ya gue percaya tuhan ada sih, tapi maksud gue ini tenaga besar lain yang duniawi gitu.

Cita-cita lo waktu kecil emang apa?

DJ. Jadi waktu kecil gue nonton di TV ada yang main alat cuman gesek-gesek doang, terus gue bingung “what the fuck is this dude doing?” Terus gue ngerasa “anjir gue pengen banget punya alat DJ” habis itu yaudah gue sunat, terus gue beli alat DJ hahaha.

Kalau lo bisa ngelakuin apapun di dunia ini, apa yang mau lo lakuin?

Gue pengen bisa berhenti waktu sih. Itu hal yang menurut gue bisa menyelamatkan banyak orang, dengan gue bisa bisa berhentiin waktu mungkin gue bisa menghalangi terjadinya 911, mungkin gue bisa berhentiin perang di Jalur Gaza atau dimana pun, mungkin gue bisa nyelamatin keluarga yang rumahnya mau ketiban rudal, menurut gue itu hal yang pengen gue lakuin sih.

Seandainya lo punya garansi buat hidup lagi, lo mau coba mati enggak?

Gue kayanya males deh, nanti balik ke dunia lagi heboh hahaha.

Hal tergila yang pernah dilakuin Onaria?

Biasa aja sih paling cuman nanya Bang Laze agamanya apa? Pernah juga waktu itu gue lagi nyuci mobil tiba-tiba ada yang foto terus nge-DM gue nanya “bang lo lagi nyuci mobil ya?”

Kalau besok lo meninggal, sekarang lo bakal ngapain?

Pertama gue bagi-bagi beat gue dulu..

Waduh! masih sempet-sempetnya memikirkan musik ya…

Legacy gue harus tetep jalan laah.. terus mungkin pamit ke orang-orang yang gue deket aja, sama bagi-bagi uang yang ada aja deh semoga berguna buat orang lain. Kayaknya gue enggak pengen ngelakuin hal yang sensasional sih.

 

Foto oleh Patrick Soeseno Soehadi (Instagram: @soepatzz)

Ilustrasi oleh Mutiara Fakhrani

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *