LOADING

Type to search

Sisi Gelap Rand Slam dalam Album 9051: Kemuakkan dan Kemarahan

FEATURED SELECTION

Sisi Gelap Rand Slam dalam Album 9051: Kemuakkan dan Kemarahan

INCOTIVE 16/02/2020
Share

Teks oleh Husna Rahman Fauzi

Peristiwa menyakitkan terjadi di penghujung tahun 2019. Rasanya polisi nggak malu-malu menampakan wajah aslinya pada masyarakat. Berbekal gas air mata, pentungan, tameng dan sifat barbarian mereka menjatuhkan puluhan korban dan menangkapi massa solidaritas.

Shout out untuk Bakar Barak! Fotografer asal Bandung ini berhasil mengabadikan kebrutalan polisi secara estetik. Selain memperlihatkan kebrutalan polisi, hasil jepretannya menangkap momen saat Rand Slam yang hendak dibungkus layaknya perempuan di tempat dugem. Bedanya, ia hendak dibawa ke kantor polisi. Saya rasa foto ini layak menjadi cover album terbaik di awal tahun 2020.

rand slam cover album 9051

Foto Album oleh Bakar Barak

Sebelum merilis full album pada 8 Januari lalu, Rand Slam melakukan penetrasi dengan mengeluarkan single bertajuk Mewaris Bara. Single tersebut cukup menarik buat saya. meski bukan yang terbaik saat saya mendengarkan seluruh track dalam 9051.

Musik Mewaris Bara diproduseri oleh Morgue Vanguard dan scratches oleh DJ Evil Cutz. Lirik menceritakan tentang eksistensi Rand Slam sebagai MC berkualitas. “Persetan ketenaran, karena ku tak berubah”. Eits Jangan terburu-buru menyimpulkan, karena 9051 jauh lebih menarik dari sekedar braggadocio semata.

Album Rand Slam sebelumnya, Rimajinasi terdengar ceria, mengisahkan persahabatan dan hal-hal menyenangkan lainnya. Jika kamu sudah mendengar Rimajinasi, maka 9051 adalah kebalikannya. Siapa sangka Rand Slam memilih jadi sekutu Sith dalam saga Star Wars, menggunakan konsep the dark side. Musiknya benar-benar gelap, lirik penuh caci maki dan setumpuk rapalan tentang kegelisahan.

Pada track Makadam, Rand Slam bercerita tentang proses dirinya menekuni hip-hop dan rap. Rand Slam merasa semula ia hanya batuan kasar. Namun setelah ditempa kini ia cemerlang bak batu pualam. Makadam diproduseri oleh Jaydown dan MV. Mengambil sample dari lagu Zombie Prescription-nya Snapcase.

Sebelum lupa, seluruh lirik lagu dalam album ini ditulis oleh Rand Slam sendiri, kecuali untuk track Nirojinasi dan Jejeboy Interlude. Dalam Nirojisasi ia berkolaborasi dengan sang iblis leksikon, Krowbar. Lirik Nirojinas dipenuhi frasa-frasa cabul untuk mendeksripsikan betapa gobloknya seorang MC yang berubah jadi artis iklan. Karena saya nggak terbiasa mendengar Rand Slam membawa materi secabul itu, saya sedikit kikuk, Namun semua diobati oleh verse khasnya Krowbar.

Saya pribadi punya banyak kesan saat mendengar album ini. Saya punya dua lagu favorit. Pertama adalah Selisik Sekat. Lagu ini sukses membuat saya merinding. Nuansa lagu benar-benar gelap, seolah-olah menampar saya. Flow yang beragam, rima bertingkat dengan beat dan lirik ciamik menjadikan track ini mesti masuk Set list saat Rand Slam manggung!

Kedua adalah track berjudul Tak Akan Jatuh. Lagu ini benar-benar menarik. Jika kamu ingin melihat teknik rap Rand Slam, maka lagu ini adalah buktinya. Meski materi ini berupa bragadaccio, namun skill dan teknik rap dalam lagu ini melampaui lirik-lirik bragadaccio-nya.

Selanjutnya, ada lagu yang mungkin paling emosional dalam 9051. Track berjudul Dia menceritakan tentang pribadi Rand Slam sendiri. Ia bercerita tentang rasa depresi. “Namun ku akui hanya dia yang mengerti/ tiap keluh kesah, hati yang penuh sesak” Saya kira Rand Slam sedang membicarakan perempuan, namun saya tersadar bahwa Rand Slam bukan tipikal rapper yang sedatar itu.

Ada tiga lagu yang menurut saya paling gelap dalam Album ini. Prosa Eksil, 9051 dan Praduka. Lagu-lagu tersebut menceritakan kegelisahannya tentang kondisi sosial politik dalam negeri. Soal isu Papua, petani, nelayan dan kaum-kaum terpinggirkan lainnya.

Album 9051 ditutup oleh track yang cukup menyedihkan. Sebuah mimpi berbentuk tempat bernama Arso. Lagu ini adalah sekumpulan cita-cita, kebanggaan dan kesedihan yang bersatu padu menjadi kumpulan rima untuk menutup sebuah album.

9051 membuat saya mengingat-ngingat kembali momen pencarian jati diri, kemuakan membaca berita buruk setiap hari dan kemarahan terpendam pada diri sendiri. 9051 adalah manifestasi kegelapan yang dibawa Rand Slam. 9051 layak untuk disimak para hip-hop head tanah air!

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *