LOADING

Type to search

HPPD, Feel My Fire: Keresahan Anak Muda yang Terangkum Jadi Sebuah Karya

DAILY FEATURED

HPPD, Feel My Fire: Keresahan Anak Muda yang Terangkum Jadi Sebuah Karya

Abyan Hanif 06/12/2019
Share

Masa muda memang merupakan masa-masa paling indah dan menyenangkan dalam hidup, mulai dari mencoba hal-hal baru yang entah itu positif ataupun negatif, bersenang-senang tanpa memikirkan hari esok, hingga mengalami kegelisahan yang tak berujung. Masa muda juga merupakan masa dimana semua orang masih teguh pada idealisme mereka masing-masing, tidak peduli apa yang dikatakan oleh orang lain dengan semangat membara bahwa dialah yang paling benar.

Keadaan tersebut lah yang langsung saya bayangkan ketika mendengar single “Feel My Fire” teranyar dari band asal Bogor, Horse Planet Police Department (HPPD). Band yang sudah dua tahun hilang entah kemana tersebut akhirnya kembali merilis karya terbaru mereka pada 27 September kemarin. Perpaduan antara alternative rock dengan sentuhan elektronik melalui ambience yang dihasilkan oleh synth dan menghasilkan atmosfer yang positif.

“Feel My Fire” dimulai dengan bass line yang tidak terlalu banyak berubah selama 3 menit 45 detik, ditemani oleh beat drum yang juga tidak banyak berubah. Akan tetapi, dengan bass-line dan beat drum yang monoton, “Feel My Fire” tidak terasa membosankan. Hal ini dikarenakan vokal dari Ardy Pangihutan yang catchy dan nyaman berhasil menjadikan vokal sebagai unsur sentral dari lagu tersebut. Oleh karena itu, instrumen-instrumen lain seperti bass dan drum yang monoton terasa hanya sebagai pembuat mood saja yang tidak memerlukan bebunyian kompleks.

Perpaduan bebunyian tersier seperti suara synth yang ditempatkan di belakang vokal, bass, dan drum pun menambah kesan ramai yang membuat single ini menjadi menyenangkan untuk didengar. Saya sangat menyukai bagian gitar pada verse setelah chorus pertama, di mana melebur sangat baik dengan bebunyian lainnya dan tetap terdengar meskipun ditempatkan di belakang.

Judul “Feel My Fire” yang merupakan perkenalan HPPD untuk album mereka “Enter Music” yang rencananya dirilis tahun depan seakan mengatakan bahwa kalian harus bersiap-siap akan datangnya album dari mereka setelah dua tahun menghilang, seperti anak muda dengan idealisme mereka masing-masing yang dibalut dengan semangat yang berkobar.

Musik yang kompleks tidak melulu menjadikan sebuah karya musik yang baik, aransemen lagu pun memiliki peran yang besar dalam menentukan sebuah musik enak atau tidak dan HPPD berhasil melakukan itu. Musik yang tidak terlalu kompleks pun akan enak didengar jika aransemennya baik seperti “Feel My Fire”, ditambah dengan perpaduan antara semangat anak muda dengan segala permasalahannya seperti yang saya tangkap dari “Feel My Fire.

Pada akhirnya menghilangnya HPPD selama dua tahun tidak teralu sia-sia dengan lahirnya single terbaru tersebut dan semoga album “enter music” pun akan sebaik “Feel My Fire” atau bahkan lebih.

Tags:
Abyan Hanif

Lahir di kota Kembang. Penulis amatiran. Full-time nankring, Part-time kuliah. Sporty abis. Bobotoh.

  • 1

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *