LOADING

Type to search

Mosh Pit Imajiner dari CJ1000, “Very Near Dead Soul”

DAILY FEATURED

Mosh Pit Imajiner dari CJ1000, “Very Near Dead Soul”

Andi Basro 16/08/2020
Share

Di tengah pandemi COVID-19, tidak ada gigs atau konser (langsung) sama sekali. Hal ini tentunya membuat penggemar musik keras gelisah. Di saat banyak orang mengadvokasi olahraga di rumah, bagi badung-badung skena, satu-satunya sarana olahraga mereka adalah di dalam mosh pit. Mereka telah termakan oleh delusi, terbayang berdansa—muka terpukul siku dan melayang ketika crowd surfing. Padahal realitanya mereka sendiri di dalam kamar dengan perasaan hampa. Beruntungnya, rilisan terbaru CJ1000, “Very Near Dead Soul”, telah menyumbang lagu baru untuk playlist mosh pit imajiner tersebut.

CJ1000 (Crowd Jerks 1000%) adalah band rock asal Bandung. Berangkat membawa musik rock tidak santai yang mengundang tumpahnya keringat dan deru semangat, CJ1000 terdiri oleh CJ (Vocal), Ipin (Guitar), Rangga (Bass), dan Jordie (Drum).

Dari segi lirik, “VNDS” menceritakan keresahan seseorang dan amarah para remaja yang sedang berusaha bergabung dalam suatu lingkungan dengan cara mengorbankan logika berbentuk materi ataupun perasaan. Lagu-lagu yang “keras” cenderung menjadi sangat cocok untuk perasaan-perasaan tersebut karena relatable. Oleh karena itu, memberikan medium untuk membebaskan diri dari keresahan. Hubungan antara keresahan remaja dan musik sudah terjadi sejak dulu, dari zaman punk 70an sampai nu-metal 2000an yang bisa membuat orang-orang berkata “ini gue banget!”

“Very Near Dead Soul” menjadi lagu paling punk dalam EP terbaru mereka “Neckbreaker”. Terdengar ada unsur-unsur thrash punk seperti D.R.I (Dirty Rotten Imbeciles) atau Municipal Waste, tapi mereka juga memberi sentuhan riffs hard rock seperti Black Sabbath dan Pigs Pigs Pigs Pigs Pigs Pigs. Beat drumnya akan membuat anak punk/hc manapun berpogo ria, ditambah riffs heavy yang memacu adrenalin. Produksi dalam lagu ini juga lumayan bagus, sekaligus mempertahankan sound yang raw.

Video musik untuk mendampingi single terbaru mereka, disajikan dalam bentuk kartun. Video musik dalam format kartun selalu sangat cocok dengan musik rock karena keliaran imajinasi dapat dimanifestasikan secara utuh. Sebagai contoh, Trash Talk dalam lagu mereka “Great Escape” dan IDLES “Never Fight A Man With A Perm” mendemonstrasikan kreatifitas yang bisa dibentuk dalam kartun. Walau kualitas musik video CJ1000 tidak begitu tinggi, mereka tetap kreatif dan menceritakan naratif dengan sangat jelas.

CJ1000 telah melahirkan karya yang menarik, dan akan menarik juga apa yang akan mereka lakukan ke depannya. Band-band dengan sound keras cenderung jadi membosankan setelah album pertama karena sound yang mereka sajikan itu-itu saja. Semoga CJ1000 terus berinovasi seperti dalam EP pertama mereka.

Tags:
Andi Basro

Poser HC yang berusaha mengedukasi soal musik tanpa memiliki kemampuan bermusik.

  • 1

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *